“JELAJAH RAMADHAN”

Search

Created by :

Pandji Kiansantang
Since 5 August 2010

Website :
PandjiKiansantang.Com

Email :
PandjiKiansantang@gmail.com

Twitter :
@inspirasipanji


Other Websites

 

>> PandjiKiansantang.com <<
WebsiteTulisan Inspirasi
Pandji Kiansantang

 

>> Proklamasi1945.com <<
Segala hal tentang Proklamasi
Kemerdekaan dan Revolusi
Indonesia 1945-1950


“JELAJAH RAMADHAN” PDF Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Artikel Qirsa - Artikel Qirsa
Written by Administrator   
Thursday, 06 October 2011 10:13

Dengan mengucapkan Alhamdulillah, syukur kita panjatkan kepada Allah SWT yang masih memberikan kesempatan kepada kita untuk bertemu kembali dengan bulan suci Ramadhan; bulan penuh pengampunan yang dimana pada bulan Ramadhan tersebut, layaknya perusahaan kita, Allah SWT pun turut memberikan THR kepada kita (Tunjangan Hadiah Ramadhan) yaitu bonus besar-besaran berupa amalan yang berlipat ganda untuk semua kebajikan yang kita lakukan pada bulan Ramadhan tersebut sampai  tidurnya orang yang berpuasa pun dihitung sebagai ibadah.  

QIRSA (Qolbu Islami Karyawan Summarecon Agung); suatu wadah bagi Karyawan Summarecon yang bertempat di kantor pusat untuk segala kegiatan agama Islam seperti pengajian setiap hari Senin dan Rabu, Tauziah di hari Kamis yang dilaksanakan pada jam istirahat dari jam 12.00 – 13.00 , maka pada bulan Ramadhan agar THR dari Allah SWT bisa kita dapatkan, setiap harinya pada jam istirahat kantor diisi dengan pengajian dan di akhir minggu ke-3 di bulan tersebut QIRSA mengadakan JERAM (Jelajah Ramadhan).

Untuk tahun ini, kegiatan JERAM hanya ke tempat 2 lokasi yaitu TMII (Taman Mini Indonesia Indah) dan Panti Asuhan Dulur Salembur di daerah Pondok Kelapa. Acara tersebut dimulai dengan berkumpul di kantor pusat jam 08.30 hingga ke lokasi terakhir berbuka puasa bersama anak-anak Panti Asuhan  Dulur Salembur tersebut. 

 


Dengan peserta sekitar + 32 orang kamipun berangkat dengan satu mini bus dari kantor pusat jam 09.00 menuju TMII. Beberapa peserta membawa buah hatinya termasuk   sayapun tak ketinggalan membawa ke 2 anak saya karena asisten sudah pulang kampong, saya berharap mereka dapat melihat secara nyata kehidupan anak-anak Panti Asuhan kebanyakan sebaya dengan mereka, tetapi sudah tidak mendapat kasih sayang dari orangtuanya dan tidak ada sanak saudara yang mengasuhnya sehingga mereka terpaksa tinggal di Panti Asuhan.   Dengan demikian mereka dapat belajar tentang arti berbagi, mempunyai jiwa peduli dan dapat bersikap empati terhadap kehidupan orang-orang yang perlu  mendapatkan uluran tangan.
Setelah tiba di TMII, lokasi pertama yang kami kunjungi adalah Museum Ikan Air Tawar.  Untuk masuk ke sana, pengunjung yang tingginya sudah mencapai di atas 80 cm harus membayar tiket sebesar Rp. 15.000,-. Memasuki museum tersebut, kita akan terpesona melihat berbagai jenis ikan besar-besar yang meliuk-liuk dengan indahnya, bahkan dari lokasi tersebut dari satu area ke area yang lain, perjalanan menelusuri isi museum tersebut terasa tidak membosankan karena ruangan di design dengan menarik seperti ada jembatan kecil yang menuju ke gua, bahkan ada dinding dengan lukisan ular di atas pohon dengan kepala menjulur ke bawah, sehingga kami tidak menyia-nyiakan untuk berpose sejenak di lokasi tersebut.

Dari museum Air Tawar kami menuju museum Insecta yang letaknya + 100 m dari museum Ikan Air Tawar.  Di museum tersebut kita akan jumpai berbagai jenis serangga yang tersusun rapi, seperti ada peta Indonesia yang dimana pada rangkaian pulau-pulau yang ada dalam peta tersebut tersusun oleh serangga-serangga yang berjajar dengan apik, ada juga yang di susun menyerupai mahkota, bahkan ada jenis kupu-kupu dengan warna-warni yang cantik berada dalam etalase berbentu kerucut.

Dari museum Insecta, rombongan menuju Museum Bait Al Quran karena selain untuk melihat-lihat isi museum tersebut, sudah mendekati waktunya untuk sholat Jumat.  Di Museum tersebut berbagai koleksi Al Quran terpajang dengan berbagai ukuran.

Di museum tersebut kita juga bisa melihat bedug raksasa dan dalam ruangan yang lain kita dapat melihat pajangan kaligrafi-kaligrafi yang terukir dengan indah.  Pada sebuah dinding terdapat figura berisi fragmen Hizib Nashar Wali Quthub oleh A. Mustofa Bisri yang berbunyi :
“Pupus sudah angan-angan kami,
demi keangunganMu kecuali dariMu,
Pupus sudah harapan kami,
demi kebenaranMu kecuali terhadapMu”

Dari museum Bait Al Quran, sehubungan dengan bulan Ramadhan, maka Bp. Pandji Kiansantang sebagai ketua Panitya mengajak kami untuk melihat film 3 dimensi berjudul “The Mecca” yang masih berlokasi di Taman Mini Indonesia Indah.  Untuk menonton film tersebut, pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp. 30.000,-  Walaupun film tersebut hanya berdurasi 30 menit, kami merasa puas karena film tersebut di kemas cukup menarik.

Dari museum Bait Al Quran, kami melanjutkan perjalanan menuju masjid AT-Tin untuk menjalankan ibadah sholat Ashar.  Seraya menunggu peserta yang lain selesai sholat, saya sempat melihat-lihat etalase yang letaknya bersebelahan dengan tempat wudhu wanita yang memajang peralatan ibadah seperti mukenah, sajadah, tasbih, sarung bahkan ada sebuah buku yang menarik perhatian saya dengan judul 9 PRINSIP ABADI (Bermental Baja).  Sayang sekali ketika saya bertanya ke bagian penitipan barang kemana petugas di bagian tersebut katanya sedang keluar sehingga saya tidak dapat membeli buku tersebut dengan harga Rp. 25.000,-.  Tetapi 9 PRINSIP ABADI tersebut sempat saya catat sebagai berikut :

1.    Tujuan Hidup.............    …......    Mencari Ridho Allah
2.    Pedoman Hidup....................    Al Quran dan Al Hadist
3.    Alat Hidup ….......................    Harta Benda & Jiwa Raga
4.    Tugas Hidup …....................    Beribadah
5.    Contoh Hidup …..................    Nabi Muhammad SAW
6.    Fungsi Hidup …...................    menjadi penerus Rosul
7.    Kawan Hidup …...................    Orang yang beriman
8.    Lawan Hidup …...................    Syetan dan pengikutnya
9.    Arti Hidup ….......................    Ujian dan Perjuangan

Setelah beristirahat sejenak, kami melanjutkan perjalanan terakhir ke panti asuhan Dulur Salembur yang berlokasi di area Pondok Kelapa.   Ketika tiba di sana, waktu sudah menunjukkan pukul 17.15. Setelah sambutan dari pimpinan Panti Asuhan Dulur Salembur, Bp. Parlindungan Harahap dan dari QIRSA diwakilkan oleh Bp. Pandji Kiansantang, kami disuguhkan beberapa hiburan dari anak-anak Panti Asuhan tersebut.   Usia anak-anak tersebut berkisar kurang lebih dari 2 tahun hingga usia 18 tahun.

Awal Acara, di isi lantunan puisi dengan judul “Santri dari Langit”.  Ada rasa haru menyesak di dada menyimak bait demi bait dari puisi tersebut yang dibawakan dengan penuh penghayatan oleh seorang anak bernama Tini yang masih berusia 9 tahun, karena puisi tersebut menceritakan keinginan mereka walaupun tinggal di Panti Asuhan mereka tetap mempunyai cita-cita yang setinggi langit.  Semoga Allah SWT memberikan kemudahan bagi mereka untuk meraih cita-cita.

Setelah puisi, ada penghafalan Asma Ul Husna dan tarian-tarian yang dibawakan dengan lincah oleh teman-teman Tini yang lain sehingga menambah semarak acara silahturrahim pada saat itu.  Usai hiburan-hiburan dari anak-anak Panti tersebut, untuk menunggu saatnya berbuka, panitya dari Qirsa memberikan pertanyaan-pertanyaan yang berhadiah dan disambut dengan gembira oleh mereka.   

Tak lama kemudian, terdengar bedug maghrib, saatnya untuk berbuka puasa.  Setelah berbuka puasa bersama dengan mereka dan menunaikan sholat maghrib, kami pun undur diri untuk kembali ke rumah masing-masing.  

Segala puji bagi Allah, dengan perlindungan-Mu lah kami dapat menikmati perjalanan JERAM kami dengan lancar tanpa suatu kendala dan dapat kembali ke keluarga masing-masing dengan selamat tanpa kurang suatu apapun.

Untuk Melihat Foto-foto Jeram 2011 yang lainnya silahkan klik link dibawah ini :

 

http://www.qirsa.com/galery-foto-qirsa/category/4-jelajah-ramadhan-2011.html


 

Last Updated on Thursday, 06 October 2011 11:06
 

Who's Online

We have 59 guests online

SERUAN ISLAMI

TSJS
TSJS
Salam Online
Alif
SO

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday151
mod_vvisit_counterYesterday211
mod_vvisit_counterThis week362
mod_vvisit_counterLast week1497
mod_vvisit_counterThis month5229
mod_vvisit_counterLast month19978
mod_vvisit_counterAll days706774

Online (20 minutes ago): 3
Your IP: 54.80.140.29
,
Today: Aug 20, 2018
Visitors Counter

Tips Islami

TIPS CARA MENGHAFAL NAMA-NAMA BULAN
DALAM PENANGGALAN ISLAM
:

Berdasarkan kata-kunci SUKU-KATA
dari Awal huruf nama bulan
(* untuk memudahkan,
hafalkan suku-kata per 2 bulan) :

Mu Sho, Rob-Rob, Jum-Jum,
Ro Sya, Rom Sya & Zul Zul


--» MUharrom SHOfar;
ROBiul awal -ROBi`ul akhir;
JUMadil awal - JUMadil akhir;
ROjab SYA`ban; ROMadhon SYAwal
& ZULqoidah ZULhijjah

@ Mudah kan?

»» Yuk Kita Hafalin (selagi kena
macet di jalan) dan
Diamalin (ajarkan teknik
hafalan ini kepada anak,
keluarga & teman2
sebagai da'wah) !

Seri Poster Islami

Jadwal Imsakiyah
2016 Qirsa

Jadwal Imsakiyah 2015 Qirsa - Jadwal Imsakiyah 2015 Qirsa Jadwal Imsakiyah 2015 Qirsa

SERI DOA HARIAN RAMADHAN

 

 

Kalender Islam

Jadwal Sholat

Peringatan Ayat Quran




Powered by Pandji Kiansantang.