"Pengamalan makna Zikir dalam Kehidupan rumah tangga"

Search

Created by :

Pandji Kiansantang
Since 5 August 2010

Website :
PandjiKiansantang.Com

Email :
PandjiKiansantang@gmail.com

Twitter :
@inspirasipanji


Other Websites

 

>> PandjiKiansantang.com <<
WebsiteTulisan Inspirasi
Pandji Kiansantang

 

>> Proklamasi1945.com <<
Segala hal tentang Proklamasi
Kemerdekaan dan Revolusi
Indonesia 1945-1950


"Pengamalan makna Zikir dalam Kehidupan rumah tangga" PDF Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Artikel Qirsa - Artikel Qirsa
Written by Administrator   
Saturday, 29 April 2017 07:04

NASIHAT PERKAWINAN DARI ZIKIR YANG KITA BACA SEHARI-HARI

( Nasehat bagi diriku sendiri dan bagi saudara-saudaraku, oleh: Pandji Kiansantang)

 

Assalamu'alaikum warrahmatulahi wabarakatuh.

 

Sabda Nabi Muhammad SAW " Zikir adalah Shadaqah (= Pemberian kebaikan)". Allah SWT Maha Kaya, maka zikir yang kita baca bukan "pemberian" kita pada Sang Pencipta, tapi "pemberian" bagi diri kita sendiri, yaitu memberi NASEHAT bagi kita sendiri.

Bagaimana Zikir dapat berguna dlm kehidupan kita sehari2?

Pahami dan AMALKAN yang kita baca!

Amalkan MAKNA ZIKIR (pujian-pujian pada Allah) dengan meneladani sifat-sifat agung Sang Pencipta dalam kehidupan kita sehari-hari, termasuk dalam kehidupan rumah tangga kita :

 

1) Subhanallah (Maha suci Allah) : menjaga kesucian perkawinan kita. Menjadikannya sebagai Ibadah, jangan justru menjadi sumber dosa : jangan zhalim pada istri/suami. Jika melakukan kesalahan pada pasangan hidup, segeralah meminta maaf. Demikian pula mau berjiwa besar memaafkan pasangan. Ingat, manusia adalah tempatnya salah. Manusia terbaik adalah yg mau memperbaiki kesalahan mereka dan mau memaafkan orang lain. Ini adalah pancaran sifat Penyayang Allah SWT.

 

2) Alhamdulillah (Segala puji bagi Allah) : Bersyukurlah pada suami/istri kita. Begitu banyak kebaikan yg telah mereka lakukan sebelumnya, jangan dilupakan/tertutup hanya karena sikap tertentu yg tidak anda sukai saat ini. Biasakan berterimakasih dengan tulus atas apa yg mereka lakukan pada kita - walau sekecil apapun (seperti "hanya" membuatkan teh /kopi). Puji dg tulus "pelayanan" mereka (seperti masakan yg mereka buat).

Nabi Muhammad SAW bersabda : " Barang siapa yang tidak bersyukur pada (pemberian/kebaikan) manusia berarti TIDAK akan bersyukur pada Allah. Barangsiapayang tidak bersyukur untuk (pemberian/ kebaikan) yang sedikit, TIDAK akan bersyukur pada yang banyak".

 

3) Allahu Akbar (= Allah Maha Besar). "Kunci sukses Hablumminallah (hubungan kita dengan Allah) adalah merendahkan diri di hadapan Sang Pencipta. Kunci sukses Hablumminannas (hubungan kita dengan Allah) adalah  bersikap rendah hati pada sesama manusia". Bersikap rendah hatilah pada istri/suami kita. Nasihat bagi para suami, jangan karena mentang-mentang kita pencari nafkah utama, kita merendahkan dan meremehkan istri kita, apalagi kalau "hanya" istri rumah tangga. Tugas Ibu Rumah Tangga sesungguhnya berat dan terhormat. Walau suami adalah "Imam keluarga" dan kepala rumah tangga, jadilah Pemimpin yang demokratis (mau melibatkan dan mendengar pendapat istri), jangan jadi pemimpin yang otoriter atau bersikap sebagai "Boss" yang maunya menang sendiri dan dilayani saja.

Sabda Nabi : "Jangan Zhalim dan jangan mau Dizhalimi".

Janganlah kita para suami "menyalahgunakan kekuasaan" kita dengan - sadar atau tanpa sadar - "menzhalimi" (menganiaya) istri kita secara psikis apalagi fisik (KDRT) karena ini akan alih-alih tercipta perkwinan yang "Sa-ma-ra", yang terjadi adalah "Neraka Dunia" dalam Rumah tangga. Naudzubillah min zalik.

Al Qur'an sebagaj "petunjuk kehidupan" dalam Surat Al 'Ashr (= Waktu) sesungguhnya  memberikan pedoman bagi suami-istri. Penafsiran surah ini untuk konteks rumah tangga ini adalah sebagai berikut : "Demi waktu kehidupan yg singkat. Suami-istri (Keluarga) yang Beruntung (Bahagia) adalah yang : Beriman, Beramal shaleh serta  saling menasehati dalam kebenaran dan kesabaran".

 

4) La illaha ilallah (= Tiada Tuhan selain Allah).

Kalimat Tauhid (mengesakan Tuhan)  ini menegaskan bahwa setiap muslim wajib selalu meng-esakan Tuhan dalam segala aspek kehidupannya. Pelanggaran atas ketentuan no. 1 dalam aqidah Islam ini adalah SYRIQ, yaitu Dosa besar yg tidak diampuni. Pelaksanaannya adalah dilarang untuk "mempersekutukan / menduakan Tuhan" dengan "menyembah" kekuatan-kekuatan selain Allah. Juga  jangan "mempertuhankan" (menomorsatukan) hal-hal lain di atas Allah, seperti : Uang, Harta, Jabatan, termasuk orang yg anda PALING Kasihi (Istri, Suami, Anak). Yang harus kita lakukan adalah  "Cinta karena Allah & Benci karena Allah".

Ketika membaca zikir "Tiada Tuhan selain Allah" ini, segala pikiran dan hati kita harus FOKUS KONSENTRASI (Memusatkan pikiran) hanya pada Allah SWT. Kalau mulut mengucapkan zikir ini tapi pikiran melayang kemana-mana, itu artinya kita hanya berzikir di mulut dan  "mendua-kan" Tuhan dgn hal-hal keduniaan yang kita pikirkan. Artinya kita - tanpa sadar - mengingkari apa yang kita baca. Tanpa KHUSYU (fokus konsentrasi) akan mustahil bagi kita untuk "menjalin hubungan"  dengan Sang Maha Pencipta (Hablumminallah).

Pengamalannya dalam kehidupan perkawinan :  FOKUSKAN hati kita pada Pasangan kita saat ini.  Jadikanlah mereka sebagai "belahan jiwa" ( soul mate) anda.

Mereka adalah "VVIP kita" karena mereka adalah orang yang menentukan apakah hidup kita bahagia atau sengsara. Jangan biarkan hati kita tertarik apalagi berpindah ke lain hati. Belajarlah untuk bersikap SETIA. Jika kita menuntutnya Setia, seharusnya kita juga melakukan yang sama.

Sabda Nabi : "Jika kau tertarik melihat seorang wanita, maka pulanglah. Sesungguhnya yang ada pada wanita itu ada juga pada istrimu".

Suatu Penelitian menunjukkan bahwa 75% (3/4) Kebahagiaan orang yang sudah menikah ditentukan oleh kehidupan perkawinannya.

Sulit untuk bahagia, jika perkawinan bermasalah.

Berapapun lama usia perkawinan kita saat ini, BELUM TERLAMBAT untuk memperbaikinya. Daripada menuntut pasangan untuk Berubah, MULAILAH MERUBAH sikap kita mulai sekarang

Kita sendirilah yang menentukan kebahagiaan hidup, termasuk memperbaiki kondisi perkawinan kita saat ini.

Kini semua terserah tergantung kita, apakah ingin menjadikan Perkawinan kita sebagai "Surga Dunia" atau justru "Neraka Dunia".

Semoga bermanfaat. Mohon maaf jika ada yang kurang berkenan. Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

(Pandji Kiansantang, 3 Sya'ban 1438 H, 29 April 2017)

Last Updated on Sunday, 30 April 2017 05:51
 

Who's Online

We have 31 guests online

SERUAN ISLAMI

TSJS
TSJS
Salam Online
Alif
SO

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday665
mod_vvisit_counterYesterday708
mod_vvisit_counterThis week1373
mod_vvisit_counterLast week5539
mod_vvisit_counterThis month16461
mod_vvisit_counterLast month18470
mod_vvisit_counterAll days677425

Online (20 minutes ago): 19
Your IP: 54.166.233.99
,
Today: Jun 25, 2018
Visitors Counter

Tips Islami

TIPS CARA MENGHAFAL NAMA-NAMA BULAN
DALAM PENANGGALAN ISLAM
:

Berdasarkan kata-kunci SUKU-KATA
dari Awal huruf nama bulan
(* untuk memudahkan,
hafalkan suku-kata per 2 bulan) :

Mu Sho, Rob-Rob, Jum-Jum,
Ro Sya, Rom Sya & Zul Zul


--» MUharrom SHOfar;
ROBiul awal -ROBi`ul akhir;
JUMadil awal - JUMadil akhir;
ROjab SYA`ban; ROMadhon SYAwal
& ZULqoidah ZULhijjah

@ Mudah kan?

»» Yuk Kita Hafalin (selagi kena
macet di jalan) dan
Diamalin (ajarkan teknik
hafalan ini kepada anak,
keluarga & teman2
sebagai da'wah) !

Seri Poster Islami

Jadwal Imsakiyah
2016 Qirsa

Jadwal Imsakiyah 2015 Qirsa - Jadwal Imsakiyah 2015 Qirsa Jadwal Imsakiyah 2015 Qirsa

SERI DOA HARIAN RAMADHAN

 

 

Kalender Islam

Jadwal Sholat

Peringatan Ayat Quran




Powered by Pandji Kiansantang.