Sambut Jum’at dengan Semangat !

Search

Created by :

Pandji Kiansantang
Since 5 August 2010

Website :
PandjiKiansantang.Com

Email :
PandjiKiansantang@gmail.com

Twitter :
@inspirasipanji


Other Websites

 

>> PandjiKiansantang.com <<
WebsiteTulisan Inspirasi
Pandji Kiansantang

 

>> Proklamasi1945.com <<
Segala hal tentang Proklamasi
Kemerdekaan dan Revolusi
Indonesia 1945-1950


Sambut Jum’at dengan Semangat ! PDF Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Berita Qirsa - Berita Qirsa
Written by Administrator   
Friday, 09 March 2018 16:18

Oleh: Pandji Kiansantang

Tentunya kita semua tahu tentang keutamaan hari Jum’at, yang merupakan “hari istimewa” dalam Islam.

Untuk mengoptimalkan Jum’at sebagai hari istimewa dalam hidup kita, lakukanlah 25 hal sbb :


1. Pakai baju terbaik (best dress) karena akan mendatangi  "rumah Allah" (masjid) untuk Shalat Jumat. Kalau ke pesta saja kita pakai baju yang bagus, apalagi

ke rumah Allah. Memakai baju dan celana yg lecek, kotor, robek dan tidak sopan berarti menghina Allah. "You are what you wear" (Anda adalah apa yang Anda kenakan).


2. Dari pagi siapkan uang shadaqah ketika Shalat jumat : diniatkan dan didoakan agar berkah. Jangan dadakan mencari uang ketika kotak amal sudah diedarkan di masjid. Sesuaikan jumlah uang shadaqah dengan rezeki yang kita peroleh sebagai wujud rasa syukur kita. Jangan menghina diri sendiri jika datang ke masjid dengan mobil pribadi, tapi hanya memasukan "uang receh untuk Tuhan". Yakinilah kebenaran kaidah "The more we give, the more we get" (makin banyak memberi, makin banyak menerima berbagai karunia Tuhan, bukan hanya materi).


3. Rencanakan akan shalat Jum’at dimana. Jangan terpaku pada 1 masjid, tapi carilah suasana baru di masjid-masjid sekitarnya. Mengikuti trend travelling pada masa kini, anggap saja ini sebagai “wisata masjid”


4. Berdandanlah serapi mungkin menjelang pergi ke masjid. Jika ke undangan pesta saja, kita tampil maksimal, mengapa tidak berpenampilan sebaik mungkin untuk memenuhi “undangan” Allah untuk ke masjid? Bercerminlah sambil bersyukur dan membaca doa “Alhamdulillaahi kamaa hassanta kholqii fahassin khuluqii” (Segala puji bagi Allah, baguskanlah budi pekertiku sebagaimana Engkau telah membaguskan rupa wajahku).

5. Sudah bersiap untuk menuju Masjid sekitar 1 jam sebelum adzan Shalat. Jika bawa kendaraan, perhitungkan kemacetan. Targetkan minimal 15 menit sebelum adzan sudah sampai di masjid. Jika kita diundang ke pertemuan atau nonton di bioskop, pastinya kita ingin on time dan tidak terlambat, apalagi terhadap "panggilan Allah" (adzan) jangan sampai terlambat. Mereka yg terlambat akan rugi karena terpaksa di paling belakang, kadang tak dapat tempat untuk duduk sehingga harus berdiri. Belum lagi ketinggalan khutbah sehingga tak bisa menyimak secara utuh. Lebih parah lagi kalau baru tiba ketika shalat dimulai dan tertinggal shalat (masbuq).

6.   Ketika melangkah masuk masjid dengan kaki kanan, bacalah Doa masuk Masjid : “A‌llahummaf-tahlii abwaaba rahmatika” (Wahai Tuhanku, bukakanlah untukku pintu-pintu rahmat-Mu) agar kehadiran kita memenuhi undangan ke rumah Allah ini mendapat rahmat (kasih sayang) Allah dan membawa keberkahan bagi hidup kita.

7.  Titipkan sepatu/sandal di tempat penitipan. Jangan rusak kekhusyuan ibadah di masjid hanya karena hal sepele yaitu khawatir sepatu hilang. Juga dengan membiarkan sepatu/sandal yang bagus atau baru tergeletak begitu saja sesungguhnya “mengundang” mereka yang kepepet untuk mencurinya. Artinya, kita tanpa sadar telah membuka peluang bagi orang lain untuk melakukan dosa.

8. Jadilah VIP (Very Important Person) setiap acara Shalat Jum’at dengan menempati Shaf pertama karena penuh dengan keutamaan. Mereka yang mau maju dan berjiwa pemimpin pastinya selalu ada di barisan pertama.

9. Biasakan ketika sudah sampai di masjid, langsung matikan HP, minimal di-silent. Jangan sampai ketika shalat HP kita berdering sehingga mengganggu kekhusyuan semua jamaah, Jika khawatir akan ada telpon penting masuk (misalnya dari atasan atau klien) karena tidak ada panggilan yg lebih penting dari panggilan Allah untuk shalat.

10. Masjid adalah tempat untuk shalat, berdoa, dan “berdialog” dengan Allah sang Maha Pencipta. Ketika Jum’atan kita berada di masjid paling lama sekitar 1 jam. Selama itu fokuskan pada Allah SWT dan “putuskan hubungan” dengan dunia luar. Ini adalah latihan untuk ibadah I’tiqaf (berdiam diri di masjid untuk beribadah) pada bulan Ramadhan. Jangan sentuh HP kita ketika Khatib khutbah. Orang zaman sekarang begitu tergantung dan “kecanduan” pada HP, tidak bisa beraktivitas tanpanya dan sebentar-sebentar melihat HP. Tapi jangan sampai "mempertuhankan" HP kita yang membuat kita mempersekutukan Allah di “rumah Allah”.

11. Manfaatkan waktu sebelum adzan dengan shalat sunnah, perbanyak dzikir dan doa atau membaca Quran. Inilah untungnya datang di awal waktu karena punya kesempatan memperbanyak ibadah di masjid. Artinya ibadah kita di masjid bukan hanya Shalat Jum’at tapi ada plus-plus-nya. Jangan waktu sudah mepet, baru berangkat ke masjid.

12. Sesuai asal kata Jum’at yang berasal dari kata “al Jum’ah” yang berarti Al-Jum’ah yang berarti “berkumpul”. Berkumpulnya umat Islam di masjid mernjadikan hari Jum’at disebut “hari pemupukan persaudaraan keagamaan” [ukhuwwah ad-dîniyyah]. Manfaatkan berkumpulnya sesama saudara muslim di Masjid untuk saling berkenalan dan menjalin silaturahim. Minimal dengan “Bahasa tubuh” tanpa suara yaitu menjabat tangan jamaah yang ada di kiri dan kanan ketika kita duduk atau sesudah menunaikan shalat Sunnah. Selama Khutbah, kita jangan berbicara apapun. Barulah setelah Shalat selesai, kita dapat bersilaturrahim lagi. Jika ini kita lakukan bayangkan berapa banyak kenalan baru yang kita miliki setiap Jum’at. Tentunya ini akan menjadi modal “Networking” (jaringan relasi) yang bermanfaat, termasuk nantinya dapat dimanfaatkan untuk usaha/bisnis.

13. Siapkan uang sedekah di kantong. Sebaiknya langsung masukkan jika ada meja kotak amal di bagian belakang masjid. Atau Ketika kotak amal (tromol) lewat, masukkan secara tersembunyi (uangnya dilipat) sambil berdoa agar shadaqah kita berkah. Hindari baru mengeluarkan dompet karena bisa terjebak "riya". Jangan sampai kotak amal berlalu di depan kita tanpa kita menyumbang. Siapa yang pelit pada Allah, niscaya Allah akan pelit padanya.

14. Ketika adzan berkumandang, hayatilah adzan yang indah itu dengan balas membaca setiap kalimat adzan dengan khusyu. Untuk menghormati keagungan panggilan Allah untuk shalat itu, biasakanlah berdiam diri sejenak ketika kapanpun kita mendengar adzan. Ingatlah siapa yang memenuhi panggilan Alah untuk Shalat, Insya Allah dimudahkan untuk memenuhi “panggilan Allah” ke Baitullah (mampu naik Haji).

 

 

15. Siapkan diri untuk belajar ilmu agama (talibul ilmi)  dengan menyimak Khutbah Jumat. Tariklah kesimpulan isi Khutbah Jum’at, paling sedikit dapat mengingat 3 hal pokok intisari Khutbah. Jadilah “pendengar yang cerdas” dengan mampu mengkaitkan isi khutbah dengan hidup kita sehingga lebih bermanfaat. Rencanakan untuk menshare inti Khutbah Jumat ini kepada keluarga atau rekan sesuai HR. Bukhari "Sampaikan dariku walau 1 ayat". Perasaan "harus men-share" pada orang lain akan membuat kita lebih menyimak. Belajar dulu sebelum mengajar.

16. Jangan tidur selama Khutbah Jumat karena berarti melepaskan kesempatan untuk menambah ilmu agama. Sesungguhnya ini tidak pantas dilakukan karena tidur bisa membatalkan wudhu Waktu Khutbah Jum’at bukanlah untuk melepas lelah!, Khutbah Jumat itu bagaikan pelajaran dimana Khotib sebagai gurunya dan jamaah sebagai muridnya. Apakah bukan kurang ajar namanya jika murid tidur (apalagi sampai ngorok) ketika guru mengajar?

17. Jangan sampai melewatkan saat yang mustajab untuk berdoa, yaitu waktu di antara 2 khutbah pada saat Khatib duduk. Banyak jamaah yang lalai dan melewatkan “kesempatan emas” ini dengan tidak berdoa. Ingat waktunya hanya sebentar sekali (kurang dari 1 menit).

18. Di akhir Khutbah, ikut berdoalah dengan khusyu ucapkan kata "Amiin" (artinya “Kabulkanlah”) secara sungguh-sungguh dengan harapan doa diijabah. Ucapkanlah dengan keras sehingga kata “Aamiin” dari seluruh jamaah menggemakan masjid. Shalat Jum’at adalah Shalat Jamaah, artinya Ibadah kolektif, termasuk bacaan Aamiin sesudah Imam membaca Surah Al Fatihah. Doa yg dibaca banyak orang tentunya lebih afdhol.

19. Ketika iqamah dibacakan, usahakan untuk maju sampai ke shaf yang terdepan. Gesitlah dan jangan malas bergerak karena kita harus mengisi shaf depan yang kosong. Ini kesempatan kita untuk maju dalam shalat Jum’at dan dalam kehidupan.

20. Lakukan Shalat Jumat dengan sikap sempurna. Ketika Imam Shalat membaca Al Fatihah dan bacaan Surah Al Qur’an, usahakan utk berdiri khidmat: tegap tegak lurus, diam dan tidak bergoyang-goyang. Tahanlah untuk tidak menguap, menggaruk atau batuk (biasanya “menular” dimana ada jamaah lain yang akan batuk-batuk juga). "Sikap sempurna" ini (seperti prajurit) akan menambah kekhusyuan.

21. Setelah shalat selesai, jangan cepat-cepat "berhamburan" keluar masjid. Ikutilah dzikir dan do’a sesudah Salat Jum’at yang diadakan di sejumlah masjid. Luangkan waktu untuk berdzikir, baca shalawat dan berdoa serta Shalat Sunah (misal Hajat).  Ingat kebanyakan dari kita hanya ke mesjid seminggu sekali, jadi mengapa harus cepat-cepat. Makan siang karena lapar bisa menunggu

5-15  menit lagi. Ingat tak mungkin kita akan mati karena kelaparan. Terlebih umat Islam terbiasa Puasa setengah hari lebih selama sebulan pada Puasa Ramadhan, jadi seharusnya “masalah perut” ini tak jadi masalah.

22. Ketika keluar masjid dengan kaki kiri bacalah doa “Allahumma innii as-aluka min fadhlika” (Wahai Tuhanku, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu akan segala keutamaan-Mu). Semoga amal ibadah yang kita lakukan tadi di masjid diterima Allah serta membawa keberkahan pada hidup kita.

23. Sesuai Sunnah Nabi pulanglah dari masjid dengan rute yang berbeda dengan waktu pergi. Ini akan membuat kita lebih mengenal lingkungan. Sambil jalan bacalah Shalawat yang disunnahkan diperbanyak dibaca pada hari Jum’at.

24. Seperti Surah Jumu’ah ayat 10. “Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung”, maka setelah shalat Jumat, bekerjalah mencari rezeki yang berkah. Pulang dari Shalat Jum’at dari masjid membawa tambahan energi positif yang membuat kita lebih bersemangat bekerja atau berdagang.

25. Pada hari Jumat yg berkah ini perbanyaklah berbuat kebaikan dengan memberi dan  membantu sesama dalam bentuk apapun sesuai Sabda Nabi “Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain” (Hadits Riwayat Tirmidzi). Contoh amalan Hari Jumat adalah Berbagi Makanan Ada yang bertanya kepada Nabi SAW, “Islam manakah yang paling baik ?” Beliau menjawab, “Kamu memberi Makan dan mengucapkan Salam kepada orang yang kamu kenal dan yang tidak kamu kenal.” (HR. Bukhari ). Amalan ini bisa disebut "Shomat” : Shadaqah Makanan Jum’at” yang diberikan pada pengemis, pemulung dan orang-orang tidak mampu di jalan atau siapa saja yang memerlukan.

Alhamdulillah, senangnya menjalani hari Jum’at !

Jakarta, 9 Maret 2018 (21 Jumadil Akhir 1439 Hijriah)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Last Updated on Friday, 09 March 2018 16:46
 

Who's Online

We have 72 guests online

SERUAN ISLAMI

TSJS
TSJS
Salam Online
Alif
SO

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday313
mod_vvisit_counterYesterday581
mod_vvisit_counterThis week894
mod_vvisit_counterLast week5671
mod_vvisit_counterThis month17278
mod_vvisit_counterLast month20603
mod_vvisit_counterAll days698845

Online (20 minutes ago): 9
Your IP: 54.81.76.247
,
Today: Jul 23, 2018
Visitors Counter

Tips Islami

TIPS CARA MENGHAFAL NAMA-NAMA BULAN
DALAM PENANGGALAN ISLAM
:

Berdasarkan kata-kunci SUKU-KATA
dari Awal huruf nama bulan
(* untuk memudahkan,
hafalkan suku-kata per 2 bulan) :

Mu Sho, Rob-Rob, Jum-Jum,
Ro Sya, Rom Sya & Zul Zul


--» MUharrom SHOfar;
ROBiul awal -ROBi`ul akhir;
JUMadil awal - JUMadil akhir;
ROjab SYA`ban; ROMadhon SYAwal
& ZULqoidah ZULhijjah

@ Mudah kan?

»» Yuk Kita Hafalin (selagi kena
macet di jalan) dan
Diamalin (ajarkan teknik
hafalan ini kepada anak,
keluarga & teman2
sebagai da'wah) !

Seri Poster Islami

Jadwal Imsakiyah
2016 Qirsa

Jadwal Imsakiyah 2015 Qirsa - Jadwal Imsakiyah 2015 Qirsa Jadwal Imsakiyah 2015 Qirsa

SERI DOA HARIAN RAMADHAN

 

 

Kalender Islam

Jadwal Sholat

Peringatan Ayat Quran




Powered by Pandji Kiansantang.